Karet, Material Andalan Ekspor antara Harapan dan Ancaman

Ekspor Karet 2010 Bisa Mencapai 5 Miliar Dollar AS
>> Senin, 11 Januari 2010

Jakarta, Kompas – Kondisi perekonomian global yang mulai pulih dan menunjukkan pertumbuhan positif kembali menggerakkan perdagangan internasional. Produsen karet alam nasional menargetkan ekspor produk karet alam tahun 2010 bisa mencapai 5 miliar dollar AS seiring membaiknya perekonomian global.

Ketua Umum Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Asril Sultan Amir mengungkapkan hal ini di Jakarta, Kamis (5/11). Indonesia merupakan produsen karet alam terbesar kedua di dunia dengan produksi 2,3 juta hingga 2,5 juta ton per tahun dari areal 3,2 juta hektar pohon karet.

Indonesia, Thailand (produsen karet alam utama), dan Malaysia bekerja sama mengatur pasokan global sejak tahun 2001 berdasarkan nota kesepahaman Bali Concorde. Kesepakatan itu mampu menghentikan penurunan harga karena harga karet alam yang menyentuh 0,54 dollar AS per kilogram sejak November 2001 hingga mencapai 2,3 dollar AS per kilogram pada Oktober 2009.

Ekspor karet alam Indonesia tahun ini diperkirakan sekitar 2,5 miliar dollar AS. Faktor cuaca yang relatif baik tahun ini membuat produksi karet Indonesia mampu mencapai 2,5 juta ton.

”Pertumbuhan ekonomi Asia yang luar biasa tahun depan akan membuat permintaan karet alam meningkat. Apabila harga bisa dipertahankan pada 2 dollar AS per kilogram, kita akan mampu menarik devisa 5 miliar dollar AS tahun 2010,” ujar kata Asril.

Harga minyak yang sudah 80 dollar AS per barrel merupakan faktor utama permintaan karet alam meningkat. Hal ini karena harga karet sintetis otomatis melonjak mengikuti harga minyak sehingga industri mulai beralih memakai karet alam.

Perekonomian China, India, dan Asia Pasifik yang tumbuh positif pun akan menjadi faktor dominan pemicu permintaan. Menurut Asril, kondisi ini wajar karena China, India, dan Indonesia merupakan tiga negara yang masih tumbuh positif, saat negara lain masih krisis.

Konsumsi karet alam domestik pun diperkirakan naik tahun 2010. Menurut Asril, industri domestik bakal menaikkan konsumsi karet alam. (ham)

Sumber : http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/11/06/04501396/ekspor

2 responses to “Karet, Material Andalan Ekspor antara Harapan dan Ancaman

  1. salam..
    saat ini saya menjual CD cara berkebun karet yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

  2. Perkenalkan kami dari VPL- Logistics, Consolidator untuk barang-barang import baik Door to Door maupun resmi/legal serta peminjaman Perusahaan/Under Name ke Indonesia.

    Kami dapat menghadle semua jenis import komodity dengan air freight atau sea freight ke Indonesia.

    Kami juga bisa mengerjakan sistim Borongan (All-In) barang-barang yang berupa : mesin bekas/baru,pompa air,besi/baja,spare part,textile dan pipa.

    Kami berharap kutipan ini akan memenuhi permintaan Anda, jika Anda membutuhkan lebih banyak pertanyaan jangan ragu untuk menghubungi kami.

    Wassalam,
    Putra Wiguna
    PT. VISA PARAMA LINES
    Head Office :
    Jl. Tebet Timur Kav. 29/9-10 Jakarta Selatan – Indonesia
    Tel : +62-21 8394 8347
    Fax : +62-21 8536 5750
    E-mail : putra.wiguna77@gmail.com
    Webb : http://www.vpl-logistics.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s