KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN STRUKTUR BAJA DALAM JEMBATAN

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN STRUKTUR BAJA DALAM JEMBATAN

Pembangunan jembatan sudah mengambil banyak bentuk struktural dari tahun ke tahun.artikel konstruksi ini berhubungan dengan pemakaian besi baja dalam membuat jembatan dan keuntungannya/ kelemahannya jika dibandingkan dengan beton.
jembatan yang dapat dilalui bisa digolongkan berdasarkan fungsinya seperti jalan raya, jalan kereta api,pejalan kaki,jembatan dan semacamnya.

Mereka secara struktur
dapat dibagi ke dalam kategorii dari baja atau beton. Walaupun besi sudah umum digunakan dalam konstruksi jembatan tapi kemajuan terakhir di teknologi material, besi baja telah memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan perencanaan jembatan .

Keuntungan struktur dari material besi baja dalam pembangunan jembatan
akan dibahas dalam artikel konstruksi ini.
Rendahnya biaya pemasangan, jadwal konstruksi yang lebih cepat, dan keselamatan kerja
sewaktu pemasangan adalah beberapa keuntungan dalam konstruksi jembatan saat ini.

Keuntungan memakai material besi/ baja daripada beton Selain kapasitas baja untuk menahan beban berat selama masa layan,perencanaan juga harus memasukkan faktor arsitektur. berdasarkanpertimbangan itu, jembatan baja menawarkan beberapa keuntungan
daripada beton.

jembatan Baja

Ada beberapa pertimbangan mengapa jembatan baja mempunyai nilai ekonomis daripada jembatan beton.
1. Besi baja mempunyai kuat tarik dan kuat tekan yang tinggi,sehingga dengan material yang sedikit bisa memenuhi kebutuhan struktur.
2. Keuntungan lain bisa menghemat tenaga kerja karena besi baja diproduksi di pabrik dilapangan hanya ereksi pemasangannya saja.
3. Setelah selesai masa layan, besi baja bisa dibongkar dengan mudah dan dipindahkan ke tempat lain, setelah masa layan, jembatan baja bisa dengan mudah diperbaiki dari karat.
dll yang menyebabkan penurunan kekuatan strukturnya.
4. Pemasangan jembatan baja di lapangan lebih cepat dibandingkan dengan jembatan beton.dan memerlukan suatu ruang yang relatif kecil di lokasi konstruksi. Ini adalah salah satu
keuntungan dari jembatan baja ketika lokasi itu berhubungan dengan lokasi proyek padat dan sempit.

Kelemahan memakai material besi/ baja daripada beton
Tapi baja juga memiliki kelemahan seperti
1. bisa berkarat
2. lebih berisik jika dilewati beban seperti kereta api.
Karena itu ada penelitian dan pengembangan untuk masalah ini yaitu
mengembangkan baja mutu
tinggi tahan korosi yang sangat berguna jika jembatan berada
di daerah laut yang kadar garamnya tinggi. Utnuk mengatasi kebisingan,
maka dikembangkan beton komposit dengan baja di atas permukaannya,
sehingga bisa menurunkan tingkat kebisingan.mengenai harga,

Penelitian di dalam kualitas baja yang digunakan di dalam pembangunan jembatan, bersamaan dengan metoda-metoda konstruksi lainnya , sudah membuat produksi dan pemasangan jembatan bajabentang yang panjang. Dan komponen struktur baja dapat dibuat
sepanjangnya-panjangnya dan pemasangan dapat dibagi menjadi beberapa blok-blok,
Sedangkan pengiriman komponen dan pemasangan di lapangan dapat bekerja dengan cepat dan mudah. Jembatan baja dapat dikhususkan untuk dibengkokkan atau disesuaikan dengan kondisi-kondisidi lapangan dengan sempurna.Di mana lokasi berisi sebagian besar dari lumpur dan bumi lemah, konstruksi dari suatu jembatan baja dapat dilakukan dengan mudah
dan aman karena berat baja hanya 25 – 35 % dari bobot mati struktur beton yang setara.
Salah satu keuntungan besi baja dalam masalah keamanan strukturnya adalah besi baja mempunyai kekuatan struktur yang pasti bila dibandigkan dengan beton yang kekuatan strukturnya berubah berdasarkan campuran semen dan airnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s