KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN STRUKTUR BAJA DALAM JEMBATAN

Jembatan Besi/baja

Pembangunan jembatan sudah mengambil banyak bentuk struktural
dari tahun ke tahun.
Artikel konstruksi ini berhubungan dengan pemakaian besi baja
dalam membuat jembatan
dan keuntungannya/ kelemahannya jika dibandingkan dengan beton.
jembatan yang dapat dilalui bisa digolongkan berdasarkan fungsinya
seperti jalan raya, jalan kereta api,
pejalan kaki,jembatan dan semacamnya. Mereka secara struktur
dapat dibagi ke dalam kategorii dari baja atau beton.
Walaupun besi sudah umum digunakan dalam konstruksi
jembatan tapi kemajuan terakhir di teknologi material, besi baja
telah memberikan dampak yang besar terhadap
perkembangan perencanaan jembatan .Keuntungan struktur
dari material besi baja dalam pembangunan jembatan
akan dibahas dalam artikel konstruksi ini.
Rendahnya biaya pemasangan, jadwal konstruksi yang
lebih cepat, dan keselamatan kerja
sewaktu pemasangan adalah beberapa keuntungan dalam konstruksi
jembatan saat ini.

Keuntungan memakai material besi/ baja daripada beton
Selain kapasitas baja untuk menahan beban berat selama masa layan,
perencanaan juga harus memasukkan faktor arsitektur. berdasarkan
pertimbangan itu, jembatan baja menawarkan beberapa keuntungan
daripada beton.Ada beberapa pertimbangan mengapa jembatan baja
mempunyai nilai ekonomis daripada jembatan beton.
1. Besi baja mempunyai kuat tarik dan kuat tekan yang tinggi,
sehingga dengan materialyang sedikit bisa memenuhi kebutuhan struktur.
2. Keuntungan lain bisa menghemat tenaga kerja karena besi baja
diproduksi di pabrik dilapangan hanya ereksi pemasangannya saja.
3. Setelah selesai masa layan, besi baja bisa dibongkar dengan
mudah dan dipindahkan ke tempat lain, setelah masa layan,
jembatan baja bisa dengan mudah diperbaiki dari karat.
dll yang menyebabkan penurunan kekuatan strukturnya.
4. Pemasangan jembatan baja di lapangan lebih cepat
dibandingkan dengan jembatan beton.dan memerlukan suatu
ruang yang relatif kecil di lokasi konstruksi. Ini adalah salah satu
keuntungan dari jembatan baja ketika lokasi itu berhubungan
dengan lokasi proyek padat dan sempit.

Pembangunan Jembatan Besi / Baja


Kelemahan memakai material besi/ baja daripada beton
Tapi baja juga memiliki kelemahan seperti
1. bisa berkarat
2. lebih berisik jika dilewati beban seperti kereta api.
Karena itu ada penelitian dan pengembangan untuk masalah ini yaitu
mengembangkan baja mutu
tinggi tahan korosi yang sangat berguna jika jembatan berada
di daerah laut yang kadar garamnya tinggi. Utnuk mengatasi kebisingan,
maka dikembangkan beton komposit dengan baja di atas permukaannya,
sehingga bisa menurunkan tingkat kebisingan.mengenai harga,

Penelitian di dalam kualitas baja yang digunakan di dalam
pembangunan jembatan, bersamaan dengan metoda-metoda konstruksi
lainnya , sudah membuat produksi dan pemasangan jembatan baja
bentang yang panjang. Dan komponen struktur baja dapat dibuat
sepanjangnya-panjangnya
dan pemasangan dapat dibagi menjadi beberapa blok-blok,
Sedangkan pengiriman komponen
dan pemasangan di lapangan dapat bekerja dengan cepat dan mudah.
Jembatan baja dapat dikhususkan untuk dibengkokkan atau
disesuaikan dengan kondisi-kondisidi lapangan dengan sempurna.
Di mana lokasi berisi sebagian besar dari lumpur dan bumi lemah,
konstruksi dari suatu jembatan baja dapat dilakukan dengan mudah
dan aman karena berat
baja hanya 25 – 35 % dari bobot mati struktur beton yang setara.
Salah satu keuntungan besi baja dalam masalah keamanan strukturnya
adalah besi baja
mempunyai kekuatan struktur yang pasti bila dibandigkan dengan
beton yang kekuatan strukturnya berubah berdasarkan campuran
semen dan airnya. Karena diproduksi di pabrik, besi baja mempunyai
kualitas yang seragam dan ketelitian ukuran yang tinggi daripada beton.
beban angin juga menjadi lebih kecil dalam jembatan yang memakai
material baja. Ini dikarenakanmaterial struktur dengan memakai baja
lebih kecil daripada jembatan dari beton. Besi itu juga sangat keras,
sehingga walaupun sudah mencapai titik leleh karena beban jembatan,
besi baja masih bisa kembali ke bentuk asalnya, berbeda dengan beton
yang sangat rapuh, sekali dia meregang akan retak. Bila beton meregang
dalam waktu lama, beton cenderung untuk menyusut dan deformasinya
akan menghasilkan retak. Baja juga tidak bermasalah seperti beton
yang punya kecenderungan untuk retak sewaktu masa pengecoran
karena efek pengeringan.Dalam hal ini jembatan baja lebih bagus dari
beton dari sisi penampilan . Dalam hal gempa baja juga
menunjukkan daya tahannya daripada beton.

http://untarconstruction.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s