“Arti dari Sejarah Jembatan Brooklyn”

Brooklyn Bridge New York CityTaukah anda jembatan brooklyn? Jembatan ini menghubungkan kota New York dan Brooklyn untuk pertama kalinya dalam sejarah. Jembatan Brooklyn yang melintasi East River dibuka pada 24 Mei 1883.Ribuan penduduk Brooklyn dan Pulau Manhattan turut menyaksikan upacara peresmiannya. Upacara ini dipimpin oleh Presiden Chester A Arthur dan Gubernur New York Grover Cleveland. Orang yang mendesain jembatan ini adalah John A Roebling. Ia mendesain Jembatan Brooklyn sebagai jembatan gantung terbesar yang pernah dibangun pada masa itu. Dua pondasi granit Jembatan Brooklyn dibenamkan di kedalaman 44 kaki di sisi wilayah Brooklyn dan 78 kaki di sisi wilayah New York. Proses pembangunan jembatan ini disertai dengan pengerjaan pembangunan di bawah laut. Pada masa itu hanya ada sedikit informasi yang diketahui mengenai bahaya pengerjaan dalam kondisi seperti itu. Lebih dari seratus pekerja mengalami penyakit kompresi. Beberapa tewas akibat penyakit ini, sementara sebagian lainnya tewas karena kecelakaan kerja yang konvensional seperti kebakaran atau rubuh. Hubungan dua kota padat penduduk, Brooklyn dan Manhattan, yang disediakan jembatan ini merubah New York City selamanya. Pada 1898 kota Brooklyn secara resmi bergabung dengan New York City, Staten Island, dan sejumlah tanah pertanian, membentuk Greater New York.

Tapi apakah tahu kisah dari jembatan itu? Jembatan ini selesai memakan waktu 14 tahun dan 27 kematian yang terjadi dalam pembangunannya. Pada tahun 1883, seorang insinyur bernama John Roebling mempunyai sebuah ide. Dia ingin membangun sebuah jembatan yang dapat menghubungkan New York dan Long Island.Pada tahun-tahun tersebut banyak di kalangan masyarakat yang mengatakan bahwa mustahil membuatnya,karena tidak pernah dilakukan,dipraktekkan.Bahkan Insinyur dari seluruh dunia berkata bahwa hal ini adalah pekerjaan yang mustahil dan akan lebih baik bila dia melupakan hal ini. Tapi dia tidak mau dan tidak dapat melupakan idenya. Dia kemudian menceritakan ide ini kepada anaknya Washington, yang juga seorang insinyur. Setelah melewati berbagai diskusi dan bujukan, dia berhasil meyakinkan anaknya bahwa jembatan itu dapat dibangun. Kemudian merekapun duduk bersama dan mulai mencari cara bagaimana proyek ini dapat diselesaikan.

Berbagai masalah terus terjadi selama proses pembuatannya.Dan peristiwa tragis terjadi saat John Roebling sedang memeriksa proyek.Pada tanggal 28 Juni, ketika ia sedang bekerja di lokasi jembatan, sebuah kapal feri menabrak yang menumpuk Roebling berdiri dan kakinya remuk. Yang terluka jari kakinya diamputasi, tapi tetanus menetapkan dan ia meninggal pada 22 Juli 1869.Sempat terjadi putus asa dari kalangan bangsawan yang saat itu mendukung John Roebling yang saat itu mempercayakan pembuatan jembatan padanya dan jabatannya yang sangat penting sebagai kepala insinyur.Dewan pun kebingunan saat John Roebling meninggal karena tidak ada lagi insinyur yang setara dengan dia yang bisa menggantikan tugas itu.Dan pada waktu dewan ingin menghentikan pembuatan brooklyn,ada orang yang menentang,ya orang itu adalah orang yang selalu mengerti dan selalu mendukung John Roebling,dia adalah anaknya Washington Roebling.Dia bersi keras mengajukan diri sebagai pengganti ayahnya sebagai kepala insinyur.Akhirnya keputusannya Washington menjadi kepala insinyur karena berhasil meyakinkan dewan bahwa ia adalah satu-satunya orang yang bisa menangani proyek Brooklyn dan dia adalah orang yang paling berpengalaman dalam pembuatan kawat baja yang dipergunakan untuk menggantung jembatan Brooklyn.

Selama proyek berlangsung kegiatan Washington lebih banyak dilakukan di dalam sungai dalam pembuatan pondasi jembatan dan di bawah laut dengan tekanan tinggi.Para pekerja di bawah laut hanya bekerja 4 jam sehari karena selalu terjadi penyakit aneh yang menimpa mereka,yang bahkan dokter pada waktu itu tidak tahu apa yang diderita para pekerja.Peristiwa kebakaran di terowongan bawah laut terjadi dan api sulit di padamkan,menguras batin pekerja dan Washington dalam keadaan sakit parah ikut memadamkan api.Lambat waktu Washington mengalami sakit parah dan lumpuh seumur hidup ,dia tidak dapat berjalan, bergerak maupun berbicara. Apa reaksi orang-orang ketika mendengar hal ini ?Jembatan Brooklyn

* kami sudah memberitahu dia !
* impian gila selalu berakhir seperti ini
* mereka sangat bodoh untuk melakukan pekerjaan yg sia-sia
* lihat apa yang dia lakukan pada hidupnya
Dan proyek itu di ganti oleh istrinya Emily Washington Roebling. karena orang-orang tahu hanya pasangan ayah-anak itu yang meyakini keberhasilan proyek jembatan itu, maka mereka berpikir bahwa proyek tersebut pasti akan dibatalkan.

Hanya satu orang yang tidak berpikir seperti itu.

Ya, Washington!

john_roebling

john_roebling

Dia memiliki sebuah mimpi dan dia akan merealisasikan mimpi itu. Saat dia berbaring di ranjang rumah sakit, dia dapat melihat langit dan pohon-pohon di luar. Dan dia merasa hidup kembali. Dia hanya dapat menggerakkan sebuah jari dan berusaha menggunakan apa yang ada hingga mendapatkan hasil yang maksimum. Dia mengembangkan sebuah kode komunikasi menggunakan satu jari dengan istrinya. Butuh waktu cukup lama untuk mengembangkan cara komunikasi yang unik ini, namun akhirnya dia berhasil. Washington meminta istrinya untuk menghubungi para insinyur kemudian lewat perantara istrinya dia berkomunikasi dengan insinyur-insinyur tersebut tentang apa yang harus dilakukan. Reaksi yang diterimanya sama seperti sebelumnya…

* dia kembali mengulangi kebodohannya
* dia masih belum belajar dari kesalahannya
* nanti kalau dia jatuh lagi, baru dia paham.

tapi seperti biasa, washington tidak mendengarkan pendapat siapapun dan proyek itu kembali dimulai. Butuh waktu 13 tahun bagi Washington untuk mengetuk-ngetukkan jari kepada istrinya sampai jembatan itu akhirnya selesai. Dan ya, kita menyebutnya Jembatan Brooklyn.

Orang sukses bukanlah orang yang paling sedikit menemukan kesulitan dalam hidup.
Orang sukses adalah orang yang berhasil keluar dari situasi yang sangat buruk dengan membawa kemenangan melewati situasi-situasi yang sangat tidak bersahabat.

Dan seperti pepatah bilang “Pemenang tidak pernah menyerah dan Orang yang menyerah tidak akan menjadi pemenang” Sekarang coba pikirkan alasan-alasan apa saja yang telah kita buat agar kita menyerah mengejar mimpi-mimpi kita ?

http://sosbud.kompasiana.com/2010/03/12/%E2%80%9Carti-dari-sejarah-jembatan-brooklyn%E2%80%9D/

2 responses to ““Arti dari Sejarah Jembatan Brooklyn”

  1. Assalamu’alaikum…. Salam sejahtera untuk semua.

    Sebuah kisah motivasi yang sangat hebat…. Semoga dapat memberikan pencerahan bagi kita semua yang membacanya. Menjadikan tenaga baru, baik bagi pikiran maupun raga ini dalam menjalani aktifitas hidup yang mulia ini.

    May God almighty bless us all…

    Assalamu’alaikum….

    Mulyono Abi Hanifah

  2. Sebuah kisah nyata yang layak menjadi pelajaran bahwa halangan sebesar apapun tidak boleh menjadi hambatan yang menghentikan sebuah mimpi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s