Direktori Infrastruktur

Direktori infrastruktur ini memberikan data dan informasi infrastruktur bidang pekerjaan umum kepada masyarakat luas, seperti sektor Sumber Daya Air (SDA), Jalan dan Jembatan (Bina Marga) dan Perumahan dan Permukiman (Cipta Karya)

Sektor Sumber Daya Air

Bendungan/Embung/Situ

Bandungan
Bendungan

Bendungan merupakan salah satu infrastruktur yang bertujuan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian.

Bangunan Pengaman Pantai/ Pengaman Sungai/ Pengendali Banjir/ Dermaga

Tanggul Pengaman Pantai

Salah satu infrastruktur yang berfungsi untuk menjaga
daratan dari hempasan ombak (abrasi).Abrasi ini dapat menyebabkan kerusakan terhadap pantai,dimana pantai merupakan salah satu primadona tempat wisata, seperti yang ada di Propinsi Bali, dan lainnya

Jaringan Irigasi

Saluran irigasi, merupakan infrastruktur yang mendistribusikan air yang berasal dari Bendungan/ Bendung/ Embung kepada lahan pertanian yang dimiliki oleh masyarakat.Dengan adanya saluran irigasi ini, kebutuhan akan air untuk sawah/ ladang para petani akan terjamin.

Sektor Jalan dan Jembatan

Jembatan

Jembatan

Merupakan infrastruktur yang penting bagi masyarakat luas,karena jembatan berfungsi untuk menghubungi satu wilayahdengan wilayah lain yang terpisah karena adanya sungai,lembah atau lain-lain. Dengan adanya jembatan ini roda perekonomian masyarakat dapat bergerak dengan optimal.

Jalan

Infrastruktur jalan sangat penting bagi masyarakat,karena untuk membuka suatu wilayah tertentu yang terisolir.Jalan juga berfungsi untuk prasarana pemersatu bangsa.

Sektor Perumahan dan Pemukiman

Rumah Susun

Rumah susun merupakan infrastruktur pekerjaan umum
sebagai fasilitas tempat tinggal yang diperuntukan bagi
masyarakat yang kurang mampu. Diharapkan dengan adanya
rumah susun, dapat memperkecil perkembangan perkampungan kumuh di suatu wilayah dan meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih sehat.

Instalasi Pengolahan Air Umum dan Hidran Umum

Infrastruktur pengolahan air minum merupakan salah satu infastruktur yang penting bagi masyarakat. Infrastruktur tersebut berfungsi untuk menyediakan air bersih kepada masyarakat luas untuk kehidupan sehari-hari.

Instalasi Pengolahan Air Limbah/Tinja, Saluran Drainase dan TPA Sampah

Bangunan infrastruktur pengolahan air limbah/ tinja terasa sangat penting saat ini, dikarenakan semakin bertambahnya penduduk dalam suatu wilayah maka potensi untuk terjadinya pencemaran terhadap lingkungan semakin besar. Dengan infrastruktur ini,dapat mencegah terjadinya hal tersebut.Begitu juga dengan saluran drainase yang meningkatkan
kualitas lingkungan dalam mencegah banjir dan genangan

Source : pustakapu.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s