Mesin Crusher

CRUSHER / MESIN CRUSHER

Crusher / penghancur adalah mesin untuk menghancurkan / mereduksi ukuran dari suatu jenis material. Setiap jenis material memiliki karakteristik berbeda sehingga membutuhkan model CRUSHER berbeda pula dan CRUSHER dapat dirancang menyesuaikan dengan jenis material yang akan di hancurkan.

Berikut beberapa type dan jenis CRUSHER dan kegunaanya:

1. JAW CRUSHER

Jaw Crusher adalah type crusher yang paling umum, dimana sistem kerjanya memampatkan / menghimpit material hingga hancur, biasa digunakan untuk menghancurkan batu jenis batu yang keras, seperti batu kali, batu pegunungan, batu mineral, batu emas, batu mangan, batu besi, dsb.
Unjuk kerja dari Jaw Crusher sangat-sangat ditentukan oleh ukuran Fly wheel ( Roda Gila) nya dan kekuatan Shaft, karena kedua komponen tersebut berperan vital.Utk operasional produksi penambangan Jaw Crusher ini tidak bisa berdiri sendiri, harus didukung dengan peralatan2 yang lain.

2.IMPACT CRUSHER

Impact Crusher adalah type crusher dengan sistem pukul rotary dengan kecepatan rpm yang cukup tinggi, Impact crusher biasa digunakan untuk menghancurkan batu kali dan batu gunung dengan ukuran raw material tidak terlalu besar dan menghasilkan produk dengan ukuran yang kecil yang variasi ukuran nya relatif lebih homogen. Mesin ini sangat cocok untuk memproduksi abu batu atau jagungan untuk bahan baku aspalt kering atau pembuatan paving block. Utk operasional produksi penambangan Impact Crusher ini tidak bisa berdiri sendiri, harus didukung dengan peralatan2 yang lain.

3. ROLL CRUSHER

Roll Crusher adalah type crusher dengan sistem gilas rotary dengan kecepatan rpm yang realatif lebih rendah dari impact crusher yaitu sekitar 300 rpm dan memiliki kapasitas produksi yang jauh lebih besar. Unjuk kerja dari mesin Roll Crusher ini bergantung pada jenis / kualiatas material gigi gilasnya, ukuran shaft dan ukuran Fly Wheel ( Roda Gila) nya, yang semuanya harus disesuaikan dengan raw material dan target kapasitas produksi. Roll Crusher biasa banyak digunakan didunia pertambangan, yaitu untuk menghancurkan batuan dengan tingkat kekerasan & keuletan yang relatif rendah, seperti batu bara, batu kapur, bahan semen, batu tembaga, belerang, dsb. Utk operasional produksi penambangan Roll Crusher ini tidak bisa berdiri sendiri, harus didukung dengan peralatan2 yang lain.

4. CONE CRUSHER

Cone Crusher adalah type crusher yang cukup spesial dan customize, prinsip kerja dari Cone Crusher ini yaitu menghimpit material secara vertical rotary dengan kecepatan rpm yang cukup sedang sekitar 500 rpm dan bertumpu pada kekuatan pegas. Cone Crusher ini biasa digunakan sebagai secundery crusher, crusher lanjutan yaitu menghancurkan batuan dengan ukuran sekitar 5 – 10 cm utk menghasilkan ukuran yang dikehendaki. Kelebihan dari mesin Cone Crusher ini yaitu bisa menghasilkan struktur pecahan batu yang relatif homogen dengan bentuk cubical ( kotak) , sehingga sangat cocok untuk memproduksi batu tensla / batu pecah yang digunakan untuk pembuatan jalan raya. Utk operasional produksi penambangan Cone Crusher ini tidak bisa berdiri sendiri, harus didukung dengan peralatan2 yang lain.

5. SHREDDER / CRUSHER POTONG
Crusher Potong / Shredder adalah type crusher yang berfungsi multiguna, bekerja dengan prinsip memotong material dengan sistem rotary dan terdiri dari gigi pisau yang jumlah nya relatif banyak. Mesin Crusher ini biasa digunakan untuk menghancurkan / mereduksi ukuran menjadi serpihan kecil-kecil dari berbagai jenis limbah industri, seperti limbah otomotif, limbah elektronik, limbah cat, limbah kertas karton, limbah logam plant, dsb.

6. CRUSHER PLASTIK.
Crusher ini merupakan type crusher potong juga, tetapi memiliki konstruksi yang agak berbeda, berkerja dengan sistem potong rotary dengan kecepatan rpm yg cukup tinggi. Biasa digunakan untuk menghancurkan segala jenis material yang terbuat dari bahan plastik menjadi serpihan dengan ukuran sekitar 1 cm2.

7. HAMMER MILL

Mesin Crusher jenis Hammer Mill ini adalah mesin crusher yang bekerja dengan prinsip pukul rotary dengan kecepatan rmp yang tinggi. Hampir sama dengan Impact Crusher, tetapi utk hammer mill bias menghasilkan produk dengan kehalusan mencapai 80 – 100 mesh. Mesin Hammer mill ini biasa digunakan untuk memproduksi pasir halus, konsentrat mineral, mineral ore, tepung batu-batuan seperti kapur, dolomite, zeolit, dsb.

8. HAMMER ROLLER MILL / MESIN PENEPUNG BATUAN

Mesin crusher jenis ini prinsip kerja nya sama seperti mesin hammer mill, hanya saja proses nya dilanjutkan dengan roll mill. Mesin Hammer Roller mill digunakan untuk membuat konsentrat dari batu mineral dgn kekerasan tinggi, dan mampu menghasilkan produk dengan tingkat kehalusan tinggi yaitu mencapai 200 – 300 mesh. Sangat cocok utk digunakan dalam penambangan emas, penampangan tembaga, dsb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s